CODING APLIKASI SMILEY ( EMOTICON SMILE BISA BERGERAK ) DISERTAI DENGAN KETERANGAN DISETIAP KODE


kali ini saya akan share kode pemograman berupa emoticon smile yang dapat digerakkan menggunakan keyboard.
let's go !!
Gambar terkait
#include <iostream> // yaitu sebuah header file yang digunakan untuk input / output
#include <Windows.h> // yaitu sebuah header file untuk memanggil perintah-perintah yang ada pada windows
#include <conio.h> // yaitu sebuah header file yg digunakan untuk membuat teks antar muka pengguna pada compiler berbasis MS-DOS

using namespace std; // fungsi utama

int main()
// membuat variabel constan P yg bertipe integer
// dengan value 50
{ // kurung awal program
const int W = 50;
// membuat variabel constan w yg bertipe integer
// dengan value 50
const int H = 30;
// membuat variabel constan h yg bertipe integer
// dengan value 30

int px = W / 2;
// membuat variabel x yg bertipe integer
// dengan value P dibagi 2
int py = H / 2;
// membuat variabel y yg bertipe integer
// dengan value P dibagi 2

int map[H][W];
// membuat array dua dimensi dengan nama map yg bertipe integer
// yg terdiri dari value h untuk baris dan W untuk kolom

for(int r = 0; r < H; ++r)
// perulangan pertama digunakan untuk menampilkan
// range bilangan dari r sampai h
// jika nilai r kurang dari nilai h maka
// tambah nilai r dengan 1
for(int c = 0; c < W; ++c)
// perulangan pertama digunakan untuk menampilkan
// range bilangan dari c sampai w
// jika nilai c kurang dari nilai w maka
// tambah nilai c dengan 1
map[r][c] = 0;
// membuat array dua dimensi dengan nama map yg bertipe integer
// yg terdiri dari value r untuk baris dan c untuk kolom

map[py][px] = 1;
// array map dengan baris ke y dan kolom ke x
// diberikan value 0

while(true)

// eksekusi perulangan while jika kondisinya
// true maka pernyataan didalam while dijalankan
{
system("cls");
// untuk mengapus layar
Beep(400, 100);
// digunakan untuk memberikan suara beep
        // dimana 500 adalah frekuensi suara dalam satuan hertz
        // dan 100 adalah durasi yang anda inginkan pada beep tersebut
        // dengan satuan millisecond

for(int r = 0; r < H; ++r)
// perulangan pertama digunakan untuk menampilkan
// range bilangan dari r sampai h
// jika nilai r kurang dari nilai h maka
// tambah nilai r dengan 1
{
for(int c = 0; c < W; ++c)
// perulangan pertama digunakan untuk menampilkan
// range bilangan dari c sampai w
// jika nilai c kurang dari nilai w maka
// tambah nilai c dengan 1
{
if(map[r][c] == 1)
// jika array map dengan baris ke r dan kolom ke c
// sama dengan 1, maka perintah didalam if dijalankan
cout << char(1);
// menampilkan char(2) yaitu emoticon smile dilayar
else
// jika array map dengan baris ke r dan kolom ke c tidak
// sama dengan 1, maka perintah didalam else dijalankan
cout << ' ';
// menampilkan spasi dilayar
}

cout << endl;
// digunakan untuk pindah baris
}

char dir = getch();
if(dir == 'w')
// jika value dir sama dengan w atau W
// maka perintah didalam else if dijalankan
{
map[py][px] = 0;
// array map dengan baris ke y dan kolom ke x dikurangi 1
// diberikan value 1
map[py - 1][px] = 1;
// kemudian di increment yaitu nilai x bertambah 1
--py;
}
else if(dir == 'a')
// jika value dir sama dengan a atau A
// maka perintah didalam else if dijalankan
{
map[py][px] = 0;
// array map dengan baris ke y dan kolom ke x dikurangi 1
// diberikan value 1
map[py][px - 1] = 1;
// kemudian di increment yaitu nilai x bertambah 1
--px;
}
else if(dir == 's')
// jika value dir sama dengan s atau S
// maka perintah didalam else if dijalankan
{
map[py][px] = 0;
// array map dengan baris ke y dan kolom ke x dikurangi 1
// diberikan value 1
map[py + 1][px] = 1;
// kemudian di increment yaitu nilai x bertambah 1
++py;
// kemudian di increment yaitu nilai y bertambah 1
}
else if(dir == 'd')
// jika value dir sama dengan d atau D
// maka perintah didalam else if dijalankan
{
map[py][px] = 0;
// array map dengan baris ke y dan kolom ke x ditambah 1
// diberikan value 1
// atau untuk memindahkan posisi karakter smile ke kanan
map[py][px + 1] = 1;
// kemudian di increment yaitu nilai x bertambah 1
++px;
// kemudian di increment yaitu nilai x bertambah 1
}
else if(dir == 27)
break;
}

return 0;
// menyatakan bahwa program berakhir dengan normal
} // kurung akhir program

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.